RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : SDN MEKARJAYA V
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
KELAS/SEMESTER : IV/2
ALOKASI WAKTU : 2 x 35 MENIT
A.
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi
B.
KOMPETENSI
DASAR
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber
daya alam dan potensi lain di daerahnya
C. INDIKATOR
1.
Menyebutkan
bentuk-bentuk aktivitas ekonomi
2.
Membuat daftar pemanfaatan sumber daya alam dan
potensi daerah untuk aktivititas ekonomi
3.
Melaporkan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumbe daya alam
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk aktivitas ekonomi dengan benar
2.
Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk
aktivitas ekonomi dengan benar.
3. Melalui diskusi, siswa dapat membuat daftar pemanfaatan sumber daya alam dan
potensi daerah untuk aktivititas ekonomi
4. Melalui diskusi, siswa dapat Melaporkan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumbe daya alam
E.
MATERI AJAR
1.
Aktivitas-aktivitas
ekonomi (Terlampir)
2.
Sumber daya
alam (Terlampir)
F.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Kooperatif
·
Model/Metode : STAD
·
Teknik : Tanya jawab, Ceramah,
Demonstrasi, Diskusi,
dan
penugasan
G.
Kegiatan
Pembelajaran :
1. Kegiatan
Awal (10 Menit)
·
Mengajak siswa
berdoa sebelum KBM dimulai
·
Mengecek
kehadiran siswa
·
Guru
melakukan apresiasi berupa tanya jawab
mengenai aktivitas-aktivitas ekonomi yang ada di lingkungannya
“Anak-anak
kenapa manusia melakukan aktivitas ekonomi?”
“Aktivitas
ekonomi apa yang pernah kalian lihat?”
·
Guru
menyampaikan TPK. (Tujuan Pembelajaran Khusus)
·
Mengkondisikan
kelas ( siswa dibagi menjadi beberapa kelompok)
2. Kegiatan Inti (50 Menit)
·
Guru
mendemonstrasikan pengetahuan secara sekilas mengenai aktivitas-aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam kepada siswa
·
Guru membagikan
LKS kepada siswa dalam kelompok
·
Tiap siswa
dalam kelompok mengerjakan LKS
· Guru mengecek
pemahaman siswa lewat tes tulis mengenai materi aktivitas-aktivitas ekonomi dan
sumber daya alam
·
Guru memeriksa
hasil kerja siswa dan melakukan penghitungan skor
·
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok
3. Kegiatan Akhir (10 Menit)
·
Memberikan
Tindak lanjut berupa PR
·
Guru dan siswa
menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·
Mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
H. Penilaian
Jenis : Tes dan Non
tes
Bentuk : Tes tulis
·
Tes tertulis
Kerjakan di buku tugasmu!
A. Pilihlah dengan cara menyilang (X) huruf a, b, c, atau d di
depan jawaban yang tepat!
1. Di bawah ini yang termasuk pada aktivitas produksi adalah
............
a.
Pertanian
b.
Distribusi
c.
Membeli
Makanan
d.
Perdagangan
2. Bahan baku industri genteng dan keramik adalah ....
a. tepung terigu
b. kayu lapis
c. serat kapas
d. tanah liat
3. Kegiatan sopir menyalurkan minyak tanah ke agen-agen disebut
kegiatan ....
a.
produksi
b.
distribusi
c.
konsumsi
d.
industri
4. Di bawah ini yang
termasuk kepada sumber daya alam hayati adalah ....
a. Tanah
b. Air
c. Tumbuhan
d. kertas
5. Barang tambang merupakan termasuk kepada sumber daya alam....
a. Buatan
b. Non Buatan
c. Hayati
d. Non Hayati
6. Kegiatan memproduksi suatu barang adalah pengertian dari ...
a.
Produksi
b.
Distribusi
c.
Konsimsi
d.
Gotong royong
7.Peristiwa di bawah ini yang menunjukkan kegiatan konsumsi
adalah ....
a.
petani mengolah sawah
b.
ibu menanak nasi
c.
ayah minum teh
d.
kakek memperbaiki sepeda
8. Pengiriman semen ke desa-desa merupakan aktivitas ....
a.
produksi
b.
distribusi
c.
konsumsi
d.
konstruksi
9. Berikut ini yang termasuk pada sumber daya alam hayati
adalah....
a.
Tanah
b.
barang tambang
c.
Tanaman padi
d.
Produksi batu bata
10. Salah satu pemanfaatan dari tanaman padi untuk kegiatan
ekonomi adalah
a.
Produksi beras
b.
produksi mebel
c.
produksi keramik
d.
produksi bahan tambang
Pensekoran
Rumus : S= (skala 0 – 100)
Keterangan :
B= Jumlah jawaban benar
N= Jumlah soal
Penilaian Keterampilan
No |
Indikator |
Nilai |
1. |
Mampu
membuat 9-10 daftar pemanfaatan sumber daya alam |
A |
2. |
Mampu
membuat 7-8 daftar pemanfaatan sumber daya alam |
B |
3. |
Mampu
membuat 6 daftar
pemanfaatan sumber daya alam |
C |
4. |
Mampu
membuat 5 daftar
pemanfaatan sumber daya alam |
D |
Keterangan:
Tiap soal
atau membuat satu daftar pemanfaatan sumber daya alam bernilai 10, jadi apabila
mampu membuat 10 daftar pemanfaatan sumber daya alam nilainya adalah 100
Penilaian
sikap
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
No |
Aspek Pengamatan |
skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Rasa ingin
tahu |
|
|
|
|
2. |
Keletelitian |
|
|
|
|
3. |
Ketekunan |
|
|
|
|
4. |
Terampil berkomunikasi |
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
N = (Skor pencapaian :
Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 16 ) x 100
N = 15/16 x 100
N = 93, 75
I.
Sumber Belajar :
1.
Media :
·
Laptop
·
Proyektor
·
LKS (Terlampir)
·
Gambar
aktivitas-aktivitas ekonomi
2.
Sumber Belajar :
Sutoyo. (2009). IPS 4 untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional