RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : IV / 2
Alokasi waktu : 2 X 35 Menit
A.
Standar
Kompetensi
3. Menggolongkan
hewan, berdasarkan jenis makanannya
B.
Kompetensi
Dasar
3.2.
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
C.
Indikator
-
Menjelaskan
hewan berdasarkan jenis makanannya
-
Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Setelah
memperhatikan/menganalisa gambar yang berkaitan dengan kompetensi dasar siswa
diharapkan dapat menjelaskan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan tepat.
-
Setelah
melakukan diskusi bersama kelompok masing-masing siswa diharapkan dapat
menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan tepat.
E.
Materi
Pembelajaran
Penggolongan
Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
F.
Sumber
Media:
Gambar hewan pemakan tumbuhan, daging dan pemakan segala
Buku:
SD, Ikhwan. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam
4: Untuk SD/MI
Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
G.
Model
Pembelajaran
Pendekatan:
Contextual Teaching and Learning
Model:
Example and Non Example
Teknik:
Kelompok, diskusi, tanya jawab
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pembuka (5 menit)
a.
Guru
mengucapkan salam, mengajak berdoa sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.
b.
Guru
menanyakan siswa yang tidak hadir.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
a.
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
b.
Guru
menampilkan/menempelkan gambar di papan tulis.
c.
Guru
memberikan apersepsi.
d.
Siswa
memperhatikan dan menganalisa gambar yang ada di papan tulis.
e.
Setelah
menganalisa gambar, siswa berdiskusi dengan kelompok masing-masing.
f.
Setiap
kelompok mengerjakan LKS yang diberikan guru.
g.
Setiap
kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusi (LKS) oleh perwakilan
dari kelompok tersebut.
h.
Siswa
melakukan tanya jawab.
i.
Guru
memberikan penjelasan tentang materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya.
j.
Siswa
mampu menjelaskan dan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
3.
Kegiatan
Penutup
a.
Guru
dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran tentang menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya.
b.
Guru
memberikan PR kepada siswa.
c.
Berdo’a.
I.
Penilaian
Jenis:
Tes
Bentuk:
Tulisan
Ragam:
Soal
Soal:
1.
Sebutkan
penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya!
2.
Apa
yang dimaksud dengan herbivora, karnivora, dan omnivora? Sebutkan contonya!
3.
Hewan
yang memiliki gigi taring termasuk dalam golongan?
4.
Hewan
pemakan tumbuhan disebut?
5.
Ayam dan
tikus termasuk golongan hewan?
Kunci Jawaban:
1.
Herbivora,
Karivora, dan Omnivora
2.
- Herbivora
yaitu hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan, contohnya sapi, kambing, kelinci,
dll.
- Karnivora
yaitu hewan yang memakan daging atau hewan lain, contohnya harimau, serigala,
burung elang, dll.
- Omnivora
yaitu hewan yang memakan segala, contohnya babi, beruang, ayam, dll.
3.
Karnivora
4.
Herbivora
5.
Omnivora
Kriteria Penilaian:
Masing-masing soal nilai 0-20
Skor ideal 5
X 20=100
No comments:
Post a Comment