Thursday, 29 July 2021

RPP Kelas 4 Semester 2 Aktivitas Ekonomi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SATUAN PENDIDIKAN     : SDN MEKARJAYA V

MATA PELAJARAN            : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

KELAS/SEMESTER            : IV/2

                        ALOKASI WAKTU              : 2 x 35 MENIT

 

 

A.    STANDAR KOMPETENSI

2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan   provinsi

B.     KOMPETENSI DASAR

      2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya                                      

C.     INDIKATOR

1.      Menyebutkan bentuk-bentuk aktivitas ekonomi  

2.      Membuat daftar pemanfaatan sumber daya alam dan potensi daerah untuk aktivititas ekonomi

3.      Melaporkan aktivitas ekonomi yang  berkaitan dengan sumbe daya alam

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk aktivitas ekonomi  dengan benar

2.      Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan  bentuk-bentuk aktivitas ekonomi  dengan benar.

3.    Melalui diskusi, siswa dapat membuat daftar pemanfaatan sumber daya alam dan potensi daerah untuk aktivititas ekonomi

4.     Melalui diskusi, siswa dapat Melaporkan aktivitas ekonomi yang  berkaitan dengan sumbe daya alam

E.     MATERI AJAR

1.      Aktivitas-aktivitas ekonomi (Terlampir)

2.      Sumber daya alam (Terlampir)

F.      METODE PEMBELAJARAN

·         Pendekatan                : Kooperatif

·         Model/Metode           : STAD

·         Teknik                        : Tanya jawab, Ceramah, Demonstrasi, Diskusi,

                                            dan penugasan

G.    Kegiatan Pembelajaran  :

1. Kegiatan Awal (10 Menit)

·         Mengajak siswa berdoa sebelum KBM dimulai

·         Mengecek kehadiran siswa

·         Guru melakukan  apresiasi berupa tanya jawab mengenai aktivitas-aktivitas ekonomi yang ada di lingkungannya

“Anak-anak kenapa manusia melakukan aktivitas ekonomi?”

“Aktivitas ekonomi apa yang pernah kalian lihat?”

·         Guru menyampaikan TPK. (Tujuan Pembelajaran Khusus)

·         Mengkondisikan kelas ( siswa dibagi menjadi beberapa kelompok)

        2. Kegiatan Inti (50 Menit)

·         Guru mendemonstrasikan pengetahuan secara sekilas mengenai aktivitas-aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam kepada siswa

·         Guru membagikan LKS kepada siswa dalam kelompok

·         Tiap siswa dalam kelompok mengerjakan LKS

·    Guru mengecek pemahaman siswa lewat tes tulis mengenai materi aktivitas-aktivitas ekonomi dan sumber daya alam

·         Guru memeriksa hasil kerja siswa dan melakukan penghitungan skor

·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok

     3. Kegiatan Akhir (10 Menit)

·         Memberikan Tindak lanjut berupa PR

·         Guru dan siswa menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari

·         Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing

H.  Penilaian

Jenis          : Tes dan Non tes

Bentuk      : Tes tulis

·         Tes tertulis

Kerjakan di buku tugasmu!

A. Pilihlah dengan cara menyilang (X) huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!

1. Di bawah ini yang termasuk pada aktivitas produksi adalah ............

a.       Pertanian

b.      Distribusi

c.       Membeli Makanan

d.      Perdagangan

2. Bahan baku industri genteng dan keramik adalah ....

a.       tepung terigu

b.      kayu lapis

c.       serat kapas

d.      tanah liat

3. Kegiatan sopir menyalurkan minyak tanah ke agen-agen disebut kegiatan ....

a.       produksi

b.      distribusi

c.       konsumsi

d.      industri

4.  Di bawah ini yang termasuk kepada sumber daya alam hayati adalah ....

a.       Tanah

b.      Air

c.       Tumbuhan

d.      kertas

5. Barang tambang merupakan termasuk kepada sumber daya alam....

a.       Buatan

b.      Non Buatan

c.       Hayati

d.      Non Hayati

6. Kegiatan memproduksi suatu barang adalah pengertian dari ...

a. Produksi

b. Distribusi

c. Konsimsi

d. Gotong royong

7.Peristiwa di bawah ini yang menunjukkan kegiatan konsumsi adalah ....

a. petani mengolah sawah

b. ibu menanak nasi

c. ayah minum teh

d. kakek memperbaiki sepeda

8. Pengiriman semen ke desa-desa merupakan aktivitas ....

a. produksi

b. distribusi

c. konsumsi

d. konstruksi

9. Berikut ini yang termasuk pada sumber daya alam hayati adalah....

a. Tanah

b. barang tambang

c. Tanaman padi

d. Produksi batu bata

10. Salah satu pemanfaatan dari tanaman padi untuk kegiatan ekonomi adalah

a. Produksi beras

b. produksi mebel

c. produksi keramik

d. produksi bahan tambang

 

 

 

Pensekoran

Rumus       : S=  (skala 0 – 100)

Keterangan :

B= Jumlah jawaban benar

N= Jumlah soal

  Penilaian Keterampilan

No

Indikator

Nilai

1.

Mampu membuat 9-10 daftar pemanfaatan sumber daya alam

A

2.

Mampu membuat 7-8 daftar pemanfaatan sumber daya alam

B

3.

Mampu membuat 6  daftar pemanfaatan sumber daya alam

C

4.

Mampu membuat 5  daftar pemanfaatan sumber daya alam

D

 

Keterangan:

Tiap soal atau membuat satu daftar pemanfaatan sumber daya alam bernilai 10, jadi apabila mampu membuat 10 daftar pemanfaatan sumber daya alam nilainya adalah 100

 

Penilaian sikap

         4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan

                   kadang-kadang tidak melakukan

            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan

                   sering tidak melakukan

            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

 

No

Aspek Pengamatan

skor

1

2

3      

4

1.

Rasa ingin tahu

 

 

 

 

2.

Keletelitian

 

 

 

 

3.

Ketekunan

 

 

 

 

4.

Terampil berkomunikasi

 

 

 

 

 

 

Petunjuk Penskoran :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100

N = (Skor pencapaian : 16 ) x 100

N = 15/16 x 100

N =  93, 75

 

I. Sumber Belajar   :

1.      Media   :

·         Laptop

·         Proyektor

·         LKS (Terlampir)

·         Gambar aktivitas-aktivitas ekonomi

2.      Sumber Belajar : 

Sutoyo. (2009). IPS 4 untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional 

No comments:

Post a Comment